Kamis, 29 Oktober 2009

Pengenalan Komponen Flash 8


Mengenal Jendela Kerja Flash 8


Sebelum membuat sebuah animasi ada kalanya Anda harus mengenal dahulu komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah animasi. Anda harus mengenal semua komponen yang terdapat di aplikasi tersebut agar pembuatan animasi dapat dilakukan dengan lancar dan mudah. Di bawah ini merupakan window default Flash 8 yang sering digunakan untuk pembuatan sebuah animasi.



  1. Timeline, digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie anda. Seperti mengatur durasi animasi anda, dll.



  1. Stage, disini merupakan area kerja Anda dalam pembuatan animasi.



  1. Tools Box, berisi alat-alat untuk menggambar atau melakukan editing objek.


Tools Box :

Selection Tool

Tool ini digunakan untuk menseleksi objek atau untuk memindahkannya. Anda juga dapat melakukan editing free shape dengan tool ini.


Subselection Tool

Tool ini digunakan untuk mengubah bentuk suatu objek dengan edit points.


Free Transform Tool

Tool ini digunakan untuk memperbesar/memperkecil objek dan untuk melakukan rotasi pada objek.


Gradient Transform Tool

Tool ini digunakan untuk melakukan editing pewarnaan gradient secara bebas pada objek.


Line Tool

Tool ini digunakan untuk membuat garis dalam Stage.


Lasso Tool

Tool ini digunakan untuk melakukan seleksi bebas.


Pen Tool

Tool ini digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).


Text Tool

Tool ini digunakan untuk membuat teks kalimat dalam Stage.


Oval Tool

Tool ini digunakan untuk membuat objek lingkaran.


Rectangle Tool

Tool ini digunakan untuk membuat objek kotak. Tool ini mempunyai menu Flyout.


Pencil Tool

Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek bebas sesuai dengan yang Anda inginkan. Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash menjadi bentuk sempurna.


Brush Tool

Fungsi tool ini hampir sama dengan Pencil Tool. Tool ini juga bisa digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.


Ink Bottle Tool

Tool ini digunakan untuk memberi border pada objek yang tidak memiliki border misalnya karena terhapus.


Paint Bucket Tool

Tool ini digunakan untuk memberi warna pada objek yang dipilih.


Eyedropper Tool

Tool ini digunakan untuk mengambil sample warna dari Stage.


Eraser Tool

Tool ini digunakan untuk menghapus objek secara manual.


View Box :


Hand Tool

Tool ini digunakan untuk menggerakkan sorotan tampilan Stage secara manual.

Zoom Tool

Tool ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek pada Stage.


Colors Box :


Stroke Color

Digunakan untuk memilih warna border objek.


Fill Color

Digunakan untuk memilih warna fill (isi) objek.


Black & White

Digunakan untuk mengganti warna Stroke Color dan Fill Color menjadi hitam dan putih secara otomatis.


No Color

Digunakan untuk memberi warna kosong pada Fill Color.


Swap Colors

Digunakan untuk menukar warna Stroke Color dengan warna Fill Color.


Options Box :


Optons Box berisikan options atau pengaturan dari setiap Tool Box yang ingin kita gunakan.


  1. Panel Group, merupakan kumpulan dari panel-panel properties, misalnya panel Align & Info & Transform, panel Color, panel Library, dan lain-lain. Panel-panel ini sangatlah dibutuhkan dalam pembuatan animasi, karena panel-panel ini memilki fungsi-fungsi dasar seperti pengaturan tata letak, pemilihan dan pemberian warna yang lebih spesifik dan fungsi-fungsi lainnya.

Panel Group biasanya berada di sebelah kanan jendela kerja Flash. Untuk menambahkan panel properties, pilih menu bar Window lalu beri tanda centang pada panel yang Anda ingin tambahkan, kemudian lakukan drag pada panel tersebut ke dalam Panel Group.



  1. Panel Actions, panel ini merupakan tempat untuk menulis Syntak (script) Flash.



  1. Panel Properties, Filters, Parameters

    1. Properties, berisikan property dari objek yang kita buat.


    1. Filters, digunakan untuk memberi efek pada Text, Movie Clip dan Button.


    1. Parameters, berisikan property dari option panel Components.




Window diatas merupakan window utama yang sering digunakan dalam pembuatan animasi secara window default layout. Pada dasarnya Flash MX mempunyai banyak window layout dalam pembuatan sebuah animasi, diantaranya yaitu : Default Layout, Designer [1024x768], Designer [1280x1024], Designer [1600x1200], Developer [1024x768], Developer [1280x1024], Developer [1600x1200].

0 komentar:

Posting Komentar

Comment


Lihat Juga

Berita Teknologi